Pendidikan Agama Islam Berbasis IQ, EQ, SQ dan CQ
Abstract
ABSTRAK:pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang menyentuh nilai-nilai spiritual dan moral. pendidikan agama Islam harus mampu menyentuh dan mengembangkan kecerdasan tersebut. Oleh karena itu, pendidikan agama Islam harus dilakukan dengan beberapa inovasi dan pengembangan kreatif dengan nilai-nilai multikultural. studi Islam dilakukan dengan berbagai rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Kata kunci: Pendidikan, IQ, EQ, SQ, Dan CQ  ABSTRACT:Islamic religious education is an education that touches the spiritual values and moral. Islamic religious education that do need to be able to touch and to develop these intelligences. Therefore, Islamic religious education should be carried out with some innovation and creative development with multicultural values. Islamic studies carried out with various recommendations to improve the quality of Islamic education. Keyword: Education, IQ, EQ, SQ, dan CQReferences
Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005)
Agustian, Ary Ginanjar. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan SpiritualBerdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, (Jakarta: Args Wijaya Persada, 2001)
Aliah B. Purwakania Hasan, Psikologi Perkembangan Islami: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dariPrakelahiran hingga Pasca Kematian, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006)
Daniel Goleman, Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005)
Goleman, Daniel. Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional), Terj. T. Hermaya, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996)
Hussen, Syed, Menyongsong Keruntuhan Pendidikan Islam, (Crisis Muslim Education), terj. Rahman A., (Bandung: Gema Risalah, 1994)
Jalaludin, dkk. Filsafat Pendidikan Islam, Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, (Jakarta: Raja Grafindo, 1994)
Kusuma, Indra Pengantar Ilmu Pendidikan, (IKIP Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan,1973)
Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990)
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 1998)
Patoni, Achmad et. all., Dinamika Pendidikan Anak, (Jakarta:PT Bina Ilmu,2004)
Patoni, Ahmad. Metodologi Pendidikan Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Bina Ilmu, 2005)
Rosyadi, Khoiron, Pendidikan Profetik (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2004)
Sanaky, Hujair AH, Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. (Yogyakarta: Safira Insania press, 2003)
Syam,M. Noor, Pengertian dan Hukum Dasar Pendidikan, dalam Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1989)
Syamsu Yusuf LN, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005)
Tafsir,Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1991)
Uno, Hamzah B. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006)
UU No 20 Tahun 2003 RI tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yasin Musthofa, EQ Untuk Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam, (Sketsa, 2007)
Yusuf, Muhammad Yasin. Tarekat Bagi Masyarakat Muslim di Era Modern: Studi Kasus Tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah dalam peningkatan ESQ (Emotional-SpiritualQuotient) di Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang, (Malang: Skripsi tidak diterbitkan, 2003)
Agustian, Ary Ginanjar. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan SpiritualBerdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, (Jakarta: Args Wijaya Persada, 2001)
Aliah B. Purwakania Hasan, Psikologi Perkembangan Islami: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dariPrakelahiran hingga Pasca Kematian, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006)
Daniel Goleman, Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005)
Goleman, Daniel. Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional), Terj. T. Hermaya, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996)
Hussen, Syed, Menyongsong Keruntuhan Pendidikan Islam, (Crisis Muslim Education), terj. Rahman A., (Bandung: Gema Risalah, 1994)
Jalaludin, dkk. Filsafat Pendidikan Islam, Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, (Jakarta: Raja Grafindo, 1994)
Kusuma, Indra Pengantar Ilmu Pendidikan, (IKIP Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan,1973)
Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990)
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 1998)
Patoni, Achmad et. all., Dinamika Pendidikan Anak, (Jakarta:PT Bina Ilmu,2004)
Patoni, Ahmad. Metodologi Pendidikan Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Bina Ilmu, 2005)
Rosyadi, Khoiron, Pendidikan Profetik (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2004)
Sanaky, Hujair AH, Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. (Yogyakarta: Safira Insania press, 2003)
Syam,M. Noor, Pengertian dan Hukum Dasar Pendidikan, dalam Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1989)
Syamsu Yusuf LN, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005)
Tafsir,Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1991)
Uno, Hamzah B. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006)
UU No 20 Tahun 2003 RI tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yasin Musthofa, EQ Untuk Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam, (Sketsa, 2007)
Yusuf, Muhammad Yasin. Tarekat Bagi Masyarakat Muslim di Era Modern: Studi Kasus Tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah dalam peningkatan ESQ (Emotional-SpiritualQuotient) di Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang, (Malang: Skripsi tidak diterbitkan, 2003)
Downloads
Published
2017-03-09
How to Cite
Muslimin, Nur. “Pendidikan Agama Islam Berbasis IQ, EQ, SQ Dan CQ”. KABILAH : Journal of Social Community 1, no. 2 (March 9, 2017): 255–273. Accessed November 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/2863.
Issue
Section
Articles