Motivasi Menabung Nasabah Melalui Sistem Service Jemput Bola di BMT NU

Authors

  • Muslihul Umam STAI Nazhatut Thullab Sampang
  • Rifki Rufaida IAI Nazhatut Thullab Sampang

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v4i1.3438

Abstract

Agama Islam menganjurkan untuk Menabung, karena dengan menabung berarti seseorang mempersiapkan diri untuk pelaksanaan dan perencanaan masa yang akan datang sekaligus untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. Menabung harus ditunjang oleh aturan atau proses yang tidak terlalu mengikat dan sistem yang mudah agar nasabah mudah untuk tertarik dalam menabung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena pendekatan ini cocok digunakan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang fenomena sosial. Metode yang digunakan dalam pemgumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Motivasi Menabung Nasabah dengan adanya Sistem Service Jemput Bola yang diterapkan BMT NU Camplong. Hasil penilitiannya Motivasi nasabah menabung di BMT NU Camplong dipengaruhi oleh layanan jemput bola karena nasabah banyak diberikan kemudahan dan keuntungan oleh BMT NU melalui Tabungan Mudhorobah (TABAH), diantara kemudahan dan keuntungannya, Kemudahan yaitu, (1) kemudahan mendaftar menjadi nasabah yang tidak harus datang langsung ke lokasi/kantor dan menunggu antrian berjam-jam, (2) kemudahan menabung tidak harus mendatangi kantor BMT NU Camplong, (3) kemudahan pengambilan/penarikan, nasabah hanya memberi tahu petugas BMT NU yang mempunyai tugas keliling setiap hari atau menghubungi melalui telpon pada saat jam kerja, maka petugas akan mengantar sesuai dengan jumlah yang akan ditarik. Berikut keuntungan yang didapatkan nasabah, yaitu (1) setoran awal hanya dengan Rp.10.000, (2) memperoleh keuntungan Bagi Hasil 40%, (3) nasabah banyak mengerti ilmu tentang implementasi keuangan syariah.

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Umam, Muslihul, and Rifki Rufaida. “Motivasi Menabung Nasabah Melalui Sistem Service Jemput Bola Di BMT NU”. KABILAH : Journal of Social Community 4, no. 1 (October 30, 2019): 29–37. Accessed May 2, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/3438.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.