Inovasi Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.35127/kbl.v5i2.4332Abstract
Abstrak: Kepala madrasah memiliki peran yang strategis untuk mengembangkan madrasah yang dipimpinnya. Kepala madrasah harus memiliki kompetensi tertentu yang dapat mendukung terhadap pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin di madrasah. Dengan sejumlah kompetensi tersebut seorang kepala madrasah dapat menerapkan berbagai inovasi untuk mengembangkan madrasah yang ia pimpin. Riset ini menggunakan pendekatan kualitatif yang objeknya MTsN 3 Pamekasan yang terletak di Desa Pakong. Teknik analisis data yang digunakan adalah flow model analysis ala Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil dari riset ini yaitu pertama, bentuk inovasi kepemimpinan kepala madrasah berupa membangun brand image madrasah edukotourism, inovasi kurikulum, inovasi proses, inovasi layanan SKS dan inovasi pola hubungan. Kedua, strategi yang ditempuh kepala madrasah dalam melaksanakan inovasi yaitu strategi fasilitatif, strategi persuasif, strategi pendidikan, strategi paksaan dan strategi uswatun hasanah (keteladanan). Ketiga, kendala yang dihadapi MTs Negeri 3 Pamekasan dalam menerapkan inovasi yaitu kendala di bidang pendanaan, kendala sumber daya manusia dan kendala sarana prasarana. Kata kunci: Inovasi, Kepemimpinan, Edukotourism, Kepala Madrasah Abstract: The madrasa head has a strategic role to develop the madrasa he leads. Madrasa head must have certain competencies that can support the implementation of his duties and functions as leader in the madrasa. Wiith these competencies, a madrasa head can apply various innovations to develop the madrasa he leads. This research used a qualitative approach whose object is MTs Negeri 3 Pamekasan located in Pakong Village. The data analysis technique used is Miles and Huberman’s flow model analysis which includes data collection, data reduction, data display and verification. The results of this research are firstly build brand image of madrasa educotourism, curriculum innovation, process innovation, SKS service innovation, and relationship pattern innovation, secondly, the strategy adapted by the madrasa head in implementing innovations, namely facilitative strategies, persuasive strategies, educational strategies, coercive strategies and uswatun hasanah ( exemplary) strategies, third, the constraints faced by MTs Negeri 3 Pamekasan in implementing innovation, namely constraints in the field of funding, human resource constraints and infrastructure constraints. Keywords: Innovation, Leadership, Educotourism, HeadmasterDownloads
Published
2021-02-08
How to Cite
Ulum, Nurul. “Inovasi Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan”. KABILAH : Journal of Social Community 5, no. 2 (February 8, 2021): 70–80. Accessed November 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/4332.
Issue
Section
Articles