Manajemen Humas dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat

di Madrasah Diniyah Awwaliyah Nurul Holil Panyirangan - Pangarengan

Authors

  • Badrut Tamam IAI NATA Sampang
  • Fathorrahman Z IAI NATA Sampang
  • Khoirus Sholeh IAI NATA Sampang

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v6i1.4675

Abstract

Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat merupakan salah satu cara untuk membina dan mengembangkan hubungan yang harmonis antara madrasah dan masyarakat dalam menjalin hubungan erat dengan masyarakat. Karena keberhasilan suatu organisasi lembaga pendidikan dalam mencapai misi dan tujuannya salah satunya ditentukan oleh peranan dan kegiatan hubungan dan masyarakat baik internal maupun eksternal.  Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: petama, Bagaimana Perencanaan Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) Nurul Holil Panyirangan Pangarengan; kedua, Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) Nurul Holil Panyirangan Pangarengan; ketiga, Bagaimana Evaluasi Manajemen Humas Dalam  Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) Nurul Holil Panyirangan Pangarengan.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Perencanaan Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) Nurul Holil Panyirangan Pangarengan dilakukan berdasarkan rapat kerja humas. Yaitu a. Mengenalkan pentingnya madrasah kepada masyarakat b. Mendapatkan bantuan moral maupun finansial c. Memberikan informasi kepada masyarakat dari pelaksanaan program. d. Mengetahui kebutuhan masyarakat. Kedua, Pelaksanaan humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) Nurul Holil Panyirangan Pangarengan melalui beberapa cara/alat bantu, seperti penyebaran browsur, pemasangan banner, promosi madrasah lewat media dll. Ketiga, Evaluasi humas yang dilakukan di Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) Nurul Holil dalam meningkatkan partisipasi masyarakat yaitu dengan dua cara yakni, evaluasi langsung dan perempat bulan (sebelum semester ganjil, setelah semester ganjil menjelang kenaikan kelas). Evaluasi dilakukan diantaranya: partisipasi aktif dan partisipasi pasif.

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Tamam, Badrut, Fathorrahman Z, and Khoirus Sholeh. “Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat: Di Madrasah Diniyah Awwaliyah Nurul Holil Panyirangan - Pangarengan”. KABILAH : Journal of Social Community 6, no. 1 (June 28, 2021): 61–83. Accessed May 18, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/4675.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.