PSYCHOLOGICAL ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF MEN AND ENVIRONMENT ON MARK TWAIN’S THE ADVENTURE OF HUCKLEBERRY FINN BY ALBERT BANDURA PERSPECTIVE

Authors

  • Zainuddin Zainuddin STAINATA Sampang

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v5i2.5093

Abstract

Abstrak: The Adventure of Huckleberry Finn merupakan sebuah novel yang menceritakan pengalaman seorang anak dalam berinteraksi dengan lingkungan. Yang memotivasi peneliti adalah untuk menganalisis sisi psikologi dalam novel ini. Fokus dari penelitian ini yang pertama adalah apakah pengaruh kepribadian Huck terhadap lingkungan, kedua bagaimana pengaruh lingkungan pada perkembangan psikologi Huck, ketiga bagaimana hubungan antara Huck dan lingkungan ditinjau dari teori Reciprocal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengekplor bagaimana kepribadian Huck terhadap lingkungannya, untuk menggambarkan pengaruh lingkungan pada kepribadian Huck, dan untuk menggambarkan hubungan antara Huck dan lingkungannya dilihat dari teori reciprocal. Desain dari penelitian ini adalah diskriptif qualitatif. Pendekatan dari analisis karya sastra adalah pendekatan Psikologi. Data-datanya diambil dari novel dan beberapa referensi yang berhubungan. Untuk pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Proses menganalisis data dimulai dari pengurangan data, menampilan data, dan menyimpulkan data. Untuk mengetahui kevalidan data, peneliti menggunakan tehnik uraian. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Huck sebagai karakter utama termasuk didalam reciprocal, Ini membuktikan bahwa beberapa pengaruh yang dialami oleh Huck Finn dapat dianalisa.    

Downloads

Published

2020-12-14

How to Cite

Zainuddin, Zainuddin. “PSYCHOLOGICAL ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF MEN AND ENVIRONMENT ON MARK TWAIN’S THE ADVENTURE OF HUCKLEBERRY FINN BY ALBERT BANDURA PERSPECTIVE”. KABILAH : Journal of Social Community 5, no. 2 (December 14, 2020): 97–123. Accessed May 23, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5093.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.