BUDAYA ORGANISASI DAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Imam Wahyudi Universitas Trunojoyo Madura Bangkalan
  • Mohammad Nizarul Alim Universitas Trunojoyo Madura Bangkalan
  • Evi Malia Universitas Islam Madura Pamekasan
  • Ika Oktaviana Dewi Universitas Islam Madura Pamekasan

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan budaya organisasi dan system pengendalian manajemen pada perguruan tinggi. Metode yang digunakan adalah study literatur melalui pendekatan kualitatif, dengan data skunder sebagai sumber data yang digunakan untuk menganalis data hingga menjadi sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya organisasi pada perguruan tinggi digunakan untuk menujukkan jati diri perguruan tinggi, selain itu penerapan budaya organisasi membawa pengaruh terhadap perguruan tinggi melalui nilai-nilai yang ditanamkan baik secara verbal maupun aturan yang berlaku. Sedangkan implementasi system pengendalian pada perguruan tinggi lebih kepada memitigasi terjadinya risiko dan acaman dari eksternal maupun internal serta kualitas perguruan tinggi yang di gambarkan melalui hasil penilaian perguruan tinggi yang disebut dengan akreditasi. Pengelolaan yang baik akan membawa dampak yang baik, akan tetapi jika pengelolaan yang dilakukan tidak mengikuti aturan dan standar yang sudah ditetapkan maka stakeholder sebagai investor utama akan dapat menilai perguruan tinggi tersebut sehat atau tidak.   Kata Kunci: budaya organisasi, system pengendalian manajemen, perguruan tinggi
Vol. 6, No. 2 (2021): Desember

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Wahyudi, Imam, Mohammad Nizarul Alim, Evi Malia, and Ika Oktaviana Dewi. “BUDAYA ORGANISASI DAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PERGURUAN TINGGI”. KABILAH : Journal of Social Community 6, no. 2 (December 31, 2021): 126–140. Accessed May 23, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5408.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.