PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERISI KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH TANWIRUL ISLAM II SAMPANG
Abstract
Abstrak: Bahasa Arab adalah bahasa internasional yang sangat dibutuhkan. Tidak hanya sebagai media komunikasi tapi juga sebagai sumber rujukan Islam yang terpercaya dan akuntabel. Sehingga memahaminya menjadi hal yang mutlak dilakukan. Karenanya, peneliti merasa penting melakukan riset penggunaan media gambar berisi kata pada pelajaran bahasa Arab tersebut di Madrasah Ibtidaiyah Tanwirul Islam II Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melului pengumpulan data kualitatif berupa wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berisi kata pada mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Tanwirul Islam II Sampang dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu merumuskan tujuan, memilih dan menetapkan media bergambar sebagai alat bantu yang dimanfaatkan guna mencapai tujuan pembelajaran, melakukan persiapan kelas yang matang, mengatur langkah penyajian pelajaran dan pemanfaatan media bergambar, memaksimalkan kegiatan siswa dengan memahami isi dari kata bergambar melalui bimbingan guru, kemudian dilakukan evaluasi pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana kompetensi pembelajaran dapat tercapai. Kata Kunci: Media; Gambar; Kata; Bahasa Arab;Downloads
Published
2021-12-31
How to Cite
Asy’ari, Moh. Hasyim, Imam Rusli, Lutfi Sandi, and Mahmudi Mahmudi. “PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERISI KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH TANWIRUL ISLAM II SAMPANG”. KABILAH : Journal of Social Community 6, no. 2 (December 31, 2021): 241–252. Accessed November 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5416.
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 KABILAH : Journal of Social Community
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.