Analisis Kinerja Baznas Kabupaten Sampang Dengan Pendekatan Indeks Zakat Nasional (IZN)

Authors

  • Maryam Qadarin IAI Nazhatut Thullab Sampang
  • Mabruroh Mabruroh IAI Nazhatut Thullab Sampang
  • Firdausi Nusula IAI Nazhatut Thullab Sampang

Abstract

Abstrak: Menurut data di BPS angka kemiskinan di Kabupaten Sampang pada 2017 berjumlah 225,13 ribu jiwa atau 24,11% di tahun 2018 berjumlah 204,82 ribu jiwa atau 21,21% dan 2019 berjumlah 202,21 ribu jiwa atau 20,71% penduduk miskin. tahun 2020 diketahui jumlah warga miskin di Sampang masih menempati angka tertinggi pertama dari 29 Kabupaten dan 9 kota se-Jawa Timur. Salah satu instrumen redistribusi yang dapat digunakan untuk mengurangi tingkat kemiskinan adalah zakat. Pemerintah Indonesia telah membentuk badan yang secara resmi bertugas mengumpulkan dan menyalurkan zakat yaitu BAZNAS. Oleh karena itu penelitian ini akan menganalisis kinerja BAZNAS kabupaten Sampang dengan IZN sebagai upaya evaluasi perzakatan di kabupaten Sampang agar manfaat zakat yaitu mengurangi kemiskinan dapat terwujud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis Multi-Stage Weight Index untuk memperoleh nilai Indeks Zakat Nasional (IZN). Data dari mustahik dan pengelola BAZNAS kab Sampang dikumpulkan  menggunakan metode angket yang telah disusun oleh PUSKAS BAZNAS, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil IZN BAZNAS Kabupaten Sampang pada dimensi makro bernilai 0,7 artinya baik. Dimensi makro memiliki indeks indikator regulasi bernilai 1 (sangat baik) dan indikator dukungan APBD bernilai 1(sangat baik)  dan variabel Database Lembaga Zakat bernilai 0 (tidak baik). Sedangkan pada dimensi mikro bernilai 0,6 artinya cukup baik dengan indeks indikator Kelembagaan bernilai 0,618 (baik) dan indikator Dampak Zakat bernilai 0,6(cukup baik). Sehingga nilai IZN BAZNAS Kabupaten Sampang adalah 0,64 nilai tersebut menunjukkan bahwa kinerja BAZNAS Kabupaten Sampang dalam kategori baik.

Downloads

Published

2021-06-12

How to Cite

Qadarin, Maryam, Mabruroh Mabruroh, and Firdausi Nusula. “Analisis Kinerja Baznas Kabupaten Sampang Dengan Pendekatan Indeks Zakat Nasional (IZN)”. KABILAH : Journal of Social Community 6, no. 1 (June 12, 2021). Accessed May 18, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5567.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.