ANALISIS EFEKTIVITAS POLA ALOKASI ZAKAT, INFAK, SEDEKAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN SAMPANG

Authors

  • Dhoqi Dofiri IAI Nazhatut Thullab Sampang
  • Wasilah Wasilah IAI Nazhatut Thullab Sampang
  • Isabela Isabela IAI Nazhatut Thullab Sampang

Abstract

Abstrak: Efektivitas suatu Pola Alokasi merupakan cara Pengalokasian program yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Sampang. Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) salah satu ibadah yang memiliki posisi yang sangat penting dan strategis, baik dari sisi ubudiyah maupun dari sisi kesejahteraan umat dalam mengurangi kemiskinan antar masyarakat. zakat merupakan rukun islam yang harus ditunaikan oleh umat muslim, secara nyata dinyatakan di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist, zakat secara bahasa (lughat), berarti : tumbuh, berkembang dan berkah atau dapat pula berarti membersihkan atau mensucikan. dari sisi muzakki allah Swt. menjajikan bagi siapa saja yang mau mengeluarkan sebagian hartanya dalam bentuk zakat, infak dan sedekah akan diberikan ganjaran yang berlipat, tidak hanya diakhirat, tetapi juga didunia. Apun Pola alokasi dana ZIS akan efektif jika prinsip-prinsip dalam setiap pengelolaan dapat dilaksanakan dengan baik dan  mendorong untuk meningkatkan produktifitas masyarakat dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang manfaatnya bisa berkelanjutan dengan menjalankan prinsip-prinsip Pengeloaan ZIS. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Badan Amil Zakat Nasional merupakan lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional di Kabupaten Sampang. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana pola alokasi ZIS di BAZNAS Kabupaten Sampang. kedua, Bagaimana Efektifitas pola alokasi ZIS di BAZNAS Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah pelaksana atau Pengelola di BAZNAS sampang. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan  melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pola Alokasi ZIS di BAZNAS Sampang dalam program konsumtif dan produktif sudah disesuaikan dengan kehidupan masyarakat dan dimanfaatkan untuk kepentigan sosial guna mengurangi permasalahan dalam ekonomi, memberantaskan kemiskinan dalam menyelesaikan permasalahan sosial masyarakat. Kedua, Efektivitas Pola Alokasi ZIS di BAZNAS Sampang kurang dirasakan oleh masyarakat kabupaten sampang secara keseluruhan dalam kesejahteraan masyarakat sampang,  karena kurangnya kesimbangan antara Penyaluran Program Konsumtif dan produktif pemerataan diwilayah perkotaan dan di desa.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Dofiri, Dhoqi, Wasilah Wasilah, and Isabela Isabela. “ANALISIS EFEKTIVITAS POLA ALOKASI ZAKAT, INFAK, SEDEKAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN SAMPANG”. KABILAH : Journal of Social Community 6, no. 1 (June 23, 2021). Accessed May 18, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5568.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.