IMPLEMANTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI LINGKUNGAN KELUARGA DAN SEKOLAH
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas dan mengungkap pentingnya pendidikan karakter di lingkungan keluarga dan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan library-based yaitu mencari referensi melalui artikel dan sumber lain yang dianggap relevan dan representatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pendidikan karakter sudah ada sejak masa pra-kemerdekaan, tetapi tidak diberi nama seperti itu, melainkan pendidikan karakter, akhlak dan pancasila. Istilah pendidikan karakter mulai populer sejak pasca reformasi; Pembentukan kepribadian pada masa sebelum kebijakan pembangunan kepribadian nasional belum sepenuhnya terbingkai dalam sistem pendidikan nasional. Konteks pendidikan karakter dalam pendidikan nasional selalu dipahami dari pendidikan yang berlandaskan budaya, pancasila dan agama, namun pelaksanaannya belum sepenuhnya diatur. Sementara itu, setelah kebijakan nasional pengembangan kepribadian, pendidikan karakter telah menjadi ciri sistem pendidikan nasional dan pelaksanaannya dirinci mulai dari strategi pelaksanaan hingga tahap pembentukan karakter anak. Kata kunci: pendidikan karakter, keluarga, sekolahDownloads
Published
2022-12-11
How to Cite
Yunanto, Fredy, Mohammad Rudiyanto, Sandy Vikki Aryanto, Ria Kasanova, and Nur Syakherul Habibi. “IMPLEMANTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI LINGKUNGAN KELUARGA DAN SEKOLAH”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 1 (December 11, 2022): 49–62. Accessed November 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5780.
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 KABILAH : Journal of Social Community
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.