KESIAPAN PENGGUNAAN APLIKASI KEUANGAN BERBASIS ANDROID “SI-APIK” (SURVE UMKM BATIK DESA KLAMPAR KABUPATEN PAMEKASAN 2020)

Authors

  • Rudy Wiryo Saputero UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Indah Yuliana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kesiapan pelaku UMKM menggunakan aplikasi keuangan berbasis android “Si-Apik†pada pelaku usaha batik di Desa Klampar Kabupaten Pamekasan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan meyebarkan kuisioner pada sampel pelaku UMKM batik. Desa klampar merupakan salah satu Desa yang ada di Kabupaten Pamekasan dan menjadi salah satu sentra batik andalan di Kabupaten Pamekasn dengan jumlah pengrajin mencapai 1300 orang selain itu terdapapt banyak komunitas dan kelompok yang ada di Desa Klampar dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang ada didalamnya. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti pelaku UMKM batik di Desa Klampar Kabupaten Pamekasan bisa dikatakan siap dalam menggunakan aplikasi keuangan berbasis android hal ini dapat dibuktikan dari uji validitas dan reabilitas. Keyword: Aplikasi “SiApikâ€, UMKM.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Saputero, Rudy Wiryo, and Indah Yuliana. “KESIAPAN PENGGUNAAN APLIKASI KEUANGAN BERBASIS ANDROID “SI-APIK” (SURVE UMKM BATIK DESA KLAMPAR KABUPATEN PAMEKASAN 2020)”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 1 (December 11, 2022): 73–86. Accessed May 13, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5785.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.