SISTEM SIMBOL DALAM RITUAL MAULID ADAT BAYAN (ANALISIS TEORI VICTOR TURNER)

Authors

  • Nuryati Yuliana FKIP UNIVERSITAS MATARAM
  • Burhanuddin Burhanuddin FKIP UNIVERSITAS MATARAM
  • Johan Mahyudi FKIP UNIVERSITAS MATARAM

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan simbol multivokal, unifikasi dan polarisasi dalam ritual maulid adat Bayan menggunakan pendekatan antropologi sastra teori simbolik Victor Turner. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, metode penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data  yaitu dengan mengklasifikasi simbol, interpretasi atau penafsiran simbol, dan signifikasi atau pemaknaan konteks simbol yang dikaitkan dengan teori simbol voctor turner. Hasil penelitian menunjukkan bentuk simbol multivokal sebanyak 8 simbol, adapun simbol multivokal yang ditemukan memiliki arti yaitu sebagai bentuk penghormatan kepada sang pencipta dan juga para leluhur, sebagai bentuk pemenuhan janji lisan (pembayaran nazar) dan juga bentuk kedermawanan terhadap makhluk hidup lain, sebagai bentuk kesakralan, kesucian, kebersihan dalam melaksanakan peribadatan, dan juga sebagai bentuk peringatan tatas kelahiran nabi dan juga sebagai bentuk penggambaran jati diri (anatomi) tubuh manusia serta sebagai bentuk penggambaran karakter masyarakat adat bayan yang memiliki sifat pemaaf dan juga suportif. Kata kunci: Simbol, Ritual, Maulid, Adat Bayan

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Yuliana , Nuryati, Burhanuddin Burhanuddin, and Johan Mahyudi. “SISTEM SIMBOL DALAM RITUAL MAULID ADAT BAYAN (ANALISIS TEORI VICTOR TURNER)”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 1 (December 11, 2022): 157–166. Accessed May 6, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5789.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.