STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SMA TAHFIDZ ASSAIDIYAH SAMPANG

Authors

  • Siti Farida IAI NATA Sampang
  • Munib MUnib IAI NATA Sampang
  • Abdullah Sarif Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya
  • Ghoyasi Ghoyasi Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Abstrak: Upaya pengembangan kurikulum di dalam lembaga pendidikan menjadi bagian yang sangat urgen, karena menjadi salah satu penunjang terhadap kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman sehingga dengan pengembangan kurikulum tersebut bisa mempertahankan citra lembaga pendidikan.Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama, bagaimana implementasi kurikulum di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang. Kedua, bagaimana strategi pengembangan kurikulum di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang. Ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat pengembangan kurikulum di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dalam bentuk reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan sesuai dengan pedoman metodologi penelitian kualitatif.Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi kurikulum di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang adalah menggunakan kurikulum konvergensi dengan nama kurikulum pelangi yaitu kurikulum formal, kurikulum pondok pesantren, dan kurikulum tahfidz.  Kedua, strategi yang digunakan dalam pengembangan kurikulum di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang adalah Strategi diversifikasi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dengan menambah produk baru yaitu kurikulum tahfidz yang dikemas dengan tahsin (memperlancar bacaan dan mengetahui tajwidnya) dan tahfidz (hafalan al-Qur’an). Ketiga, Faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan kurikulum di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang adalah sebagai berikut: Faktor pendukung fleksibilitas yaitu memberikan ruang gerak dan keleluasaan kepada stakeholder dalam upaya pengembangan kurikulum di SMA tahfidz Assaidiyah Sampang. Faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu dalam mengoptimalkan kurikulum pelangi, dan ada beberapa siswa yang masih belum mempunyai pengetahuan dasar tentang pembelajaran tahfidz. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pengembangan Kurikulum

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Farida, Siti, Munib MUnib, Abdullah Sarif, and Ghoyasi Ghoyasi. “STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SMA TAHFIDZ ASSAIDIYAH SAMPANG”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 1 (December 11, 2022): 208–226. Accessed May 12, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5792.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.