KARAKTERISTIK DAN STRATEGI INOVASI PENDIDIKAN
Abstract
Abstrak Inovasi pendidikan dan pembelajaran adalah gagasan baru sebagai hasil pemikiran kembali untuk memecahkan persoalan yang tidak terpecahkan oleh cara-cara tradisional. Materi PAI yang sulit/lambat dipahami oleh peserta didik dapat dipecahkan dengan ide yang inovatif dan terbarukan. Memahami inovasi tidak hanya dari faktor kekinian atau bahkan launching pertama di dunia, tapi juga melihat sisi karakteristiknya. Karakteristik inovasi pendidikan dan pembelajaran PAI adalah relative advantage, compatibility, complexity, trialability, dan observability. Empat karakteristik yang referesentatif untuk mengidentifikasi eksistensi ide inovatif, sehingga inovasi yang digagas betul-betul memberi daya guna kepada peserta didik. Inovasi dibutuhkan strategi yang jitu, yaitu power coercive, rational empirical dan normative-re-educative. Juga strategi inovasi pendidikan Islam secara teoritis-konseptual dan strategi inovasi pendidikan Islam secara aplikatif-institusional.Downloads
Published
2022-12-11
How to Cite
Muqoffi, Muqoffi, Triyo Supriyatno, and Marno Marno. “KARAKTERISTIK DAN STRATEGI INOVASI PENDIDIKAN”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 1 (December 11, 2022): 227–234. Accessed November 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5793.
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 KABILAH : Journal of Social Community
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.