ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN DAN KERAGAMAN BANGSA INDONESIA

Authors

  • Taufikurrahman Taufikurrahman Universitas Pembangunan Nasional veteran “Jatim”
  • Maulana Ferdy Ashshobuur Amin Universitas Pembangunan Nasional veteran “Jatim”
  • Afghan Kurniawan Universitas Pembangunan Nasional veteran “Jatim”
  • Rifqi Aqilah Hatibie Universitas Pembangunan Nasional veteran “Jatim”
  • Ivena Adinda Nasywaa Universitas Pembangunan Nasional veteran “Jatim”

Abstract

Abstrak: Islam Rahmatan Lil Alamin merupakan bentuk dari tujuan agama Islam. Ajaran Islam secara keseluruhan mengajarkan kasih sayang, saling damai, dan menciptakan lingkungan harmonis diantara sesama makhluk Allah. Dalam kajian ini akan membahas mengenai Islam Rahmatan Lil Alamin dalam perspektif ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin tepat diterapkan pada kondisi negara Indonesia yang memiliki keberagaman yang tidak jarang menimbulkan perselisihan, perdebatan dan pertikaian diantara sesama manusia. Kajian ini menggunakan metode mengkaji sumber pustaka dan menganalisa referensi-referensi ilmiah yang terkait dengan islam rahmatan lil alamin dalam kehidupan berbangsa.  Kajian ini menghasilkan bentuk implementasi Islam Rahmatan Lil Alamin yang dapat diterapkan dalam kehidupan berbangsa berdasar pada ideologi negara yaitu Pancasila guna meredam berbagai isu konflik yang mengatasnamakan agama ditengah keragaman Indonesia. Kata kunci: Islam, Rahmatan Lil Alamin, Beragamaan,

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Taufikurrahman, Taufikurrahman, Maulana Ferdy Ashshobuur Amin, Afghan Kurniawan, Rifqi Aqilah Hatibie, and Ivena Adinda Nasywaa. “ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN DAN KERAGAMAN BANGSA INDONESIA”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 1 (December 11, 2022): 235–244. Accessed July 22, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5794.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.