KONSTRUKSI PENDIDIKAN RAMAH ANAK
(Kajian Humanisasi Pendidikan Di MI Miftahul Ulum Sumur Tengah, Palengaan Laok, Pamekasan )
Abstract
Abstrak: Pelaksanaan sekolah yang ramah anak menjadi bagian yang penting dilakukan oleh sekolah sesuaii dengan amanat sistem perundang-undangan di Negera Kesatuan Republik Indonesia. Kendatipun demikian, masih banyak ditemukan praktik pendidikan yang justru melakukan tindakan kekerasan dan diskriminasi sehingga perlu dilakukan upaya untuk menghumanisasi paradigma pendidikan di lembaga pendidikan. Penelitian ini berusaha mengkaji fenomena sekolah ramah anak yang diterapkan di MI Miftahul Ulum Sumur Tengah, Palengaan Laok, Pamekasan di mana lembaga ini memiliki komitmen untuk memberikan layanan pendidikan yang baik dengan prinsip keamanan, kenyamanan, kemudahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus, sumber data yang diperoleh yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi sekolah ramah anak di lembaga tersebut mencakup dari beberapa aspek yaitu; kebijakan, kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, serta keterlibatan anak dan warga di luar sekolah. Aspek ini secara konsisten dilakukan oleh lembaga tersebut sebagai upaya menjamin hak-hak anak untuk memperoleh kualitas pendidikan yang baik dengan berdasarkan pada prinsip-prinsip kemanusiaan. Kata kunci: Konstruksi, Pendidikan, Ramah AnakDownloads
Published
2022-12-11
How to Cite
Halim, Abdul, Mohamad Thoyyib Madani, and Zainuddin Zainuddin. “KONSTRUKSI PENDIDIKAN RAMAH ANAK: (Kajian Humanisasi Pendidikan Di MI Miftahul Ulum Sumur Tengah, Palengaan Laok, Pamekasan )”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 1 (December 11, 2022): 245–257. Accessed November 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5795.
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 KABILAH : Journal of Social Community
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.