STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA PERKEBUNAN TELUK PANJI DALAM MENSOSIALISASIKAN VAKSINASI COVID-19

Authors

  • Sistria Ningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Alfikri Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemerintah desa Perkebunan Teluk Panji dalam mensosialisasikan vaksinasi covid-19. Program vaksinasi telah dimulai dan sedang dilaksanakan oleh pemerintah Republik Indonesia termasuk di desa Perkebunan Teluk Panji. Banyaknya kabar hoax atau berita bohong mengenai vaksinasi Covid-19 menjadi kendala dan tantangan tersendiri bagi pemerintah dalam menjalankan program vaksinasi Covid-19. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat dalam memberikan pemahaman yang benar kepada masyarak mengenai vaksinasi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kolaborasi antar stakeholder pemerintah desa, kepolisian, TNI, puskesmas, tokoh masyarakat dan tokoh agama menjadi kunci kesuksesan pemerintah desa Perkebunan Teluk Panji dalam mensosialisasikan vaksinasi covid-19. Selain itu juga, pemilihan strategi komunikasi yang efektif dan efisien menjadi factor pendukung, khususnya mencerahkan dan memberikan pemahaman yang benar mengenai vaksin Covid-19 yang selama ini diberitakan secara bohong.   Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Vaksinasi Covid-19, Pemerintah, Sosialisasi

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Ningsih, Sistria, and Muhammad Alfikri. “STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA PERKEBUNAN TELUK PANJI DALAM MENSOSIALISASIKAN VAKSINASI COVID-19”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 1 (December 11, 2022): 315–329. Accessed May 10, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6075.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.