IMPLEMENTASI PRINSIP UNIVERSAL PADA APRESIASI KINERJA PEGAWAI NON-MUSLIM DI BANK SYARIAH INDONESIA

Authors

  • Rizky Anugrah Aprianto UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Syarifudin Syarifudin Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v7i2.6298

Abstract

Perbankan syariah di Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang cukup pesat salah satunya Bank Syariah Indonesia (BSI) memberikan apresiasi/reward umroh terhadap pegawai non Muslim. Tujuan dari penulisan jurnal ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hukum pegawai non Muslim yang menerima apresiasi umroh atau pengganti umroh dengan apresiasi yang setara berdasarkan ritual ibadahnya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research). Teknik analisis ini menggunakan teknik deskriptif. Hasil penulisan jurnal ini yaitu BSI yang memberikan apresiasi umroh kepada pegawai non Muslim dapat dilakukan karena tidak ada pertentangan kaitan persoalan muamalah dan ibadah dalam Islam, artinya hal ini sangat diperbolehkan. Selain itu apresiasi umroh ini juga tidak berbentuk umroh melainkan berbentuk apresiasi lainnya yaitu ibadah yang serupa sesuai agamanya di Hindu yaitu ritual Tirtayatra. Dengan ini, BSI secara tidak langsung telah menerapkan prinsip universal dari sisi kepegawaian, yang mana biasanya prinsip ini diterapkan kepada nasabah yang beragama non Muslim saja, tetapi juga diterapkan untuk karyawan BSI yang beragama non Muslim. Apresiasi/reward umroh yang diberikan juga menjadi satu hal yang mendukung agar pegawai non-Muslim secara tidak langsung memahami budaya dan ajaran Agama Islam serta diharapkan mendapatkan hidayah dan ridho Allah dengan memeluk Agama Islam (muallaf).

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Aprianto, Rizky Anugrah, and Syarifudin Syarifudin. “IMPLEMENTASI PRINSIP UNIVERSAL PADA APRESIASI KINERJA PEGAWAI NON-MUSLIM DI BANK SYARIAH INDONESIA”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 2 (December 25, 2022): 353–361. Accessed May 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6298.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.