PERSEPSI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UINSU TERHADAP PENGARUH MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENDORONG GAYA HIDUP HEDONISME EGOISTIS
DOI:
https://doi.org/10.35127/kbl.v7i2.6514Abstract
Abstrak:Media sosial menjadi ancaman bersama dalam memengaruhi gaya hidup seseorang,di lain ituadanya pengaruh media sosial sebagai pendorong gaya hidup hedonisme egoistis yang saat ini sedang terjadi di masyarakat dan apa saja kategori persepsi mahasiswa yang dapat ditemukan terhadap objek penelitian yang diteliti apakah itu persepsi positif, netral atau negatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penguraian data menggunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam terhadap beberapa mahasiswa yang benar-benar aktif dalam menggunakan media sosial selama bertahun-tahun dan pengumpulan data ini dapat disebut sebagai pengambilan data dengan metode purposive sampling. Hasilnya 4 dari 5 informan memiliki persepsi positif sementara sisanya memiliki persepsi netral. Dari seluruh informan yang telah diwawancarai, tidak ada satupun dari mereka yang memiliki persepsi negatif dengan kata lain tidak ada informan yang dengan ragu menentang pengaruh media sosial sebagai pendorong gaya hidup hedonisme saat ini.Kata kunci: Hedonisme, Media Sosial, Persepsi, InstagramAbstrakSocial media is a joint threat in influencing a person's lifestyle, on the other hand, there is the influence of social media as a driving force for the egotistical hedonism lifestyle that is currently happening in society and what categories of student perceptions can be found towards the research object being studied whether it is positive perception, neutral or negative. This research is a qualitative research with data analysis using descriptive method. Data was collected by in-depth interviews with several students who have been active in using social media for years and this data collection can be referred to as data collection using a purposive sampling method. The result is 4 out of 5 informants have a positive perception while the rest have a neutral perception. Of all the informants who were interviewed, none of them had a negative perception, in other words, there were no informants who hesitated against the influence of social media as a driver of the current hedonistic lifestyle.Keyword: Hedonism, Social Media, Perception, InstagramDownloads
Published
2022-12-29
How to Cite
Al-Ghifary, Abizar, and Syahrul Abidin. “PERSEPSI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UINSU TERHADAP PENGARUH MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENDORONG GAYA HIDUP HEDONISME EGOISTIS”. KABILAH : Journal of Social Community 7, no. 2 (December 29, 2022): 580–588. Accessed February 25, 2025. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6514.
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 KABILAH : Journal of Social Community

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.