Sistem Informasi dan Dokumentasi Kearsipan Berbasis Client Server di PT. BPRS Amanah Insan Cita Lubuk Pakam

Authors

  • Suci Wahyu Tami Br Rambe Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Abdul Karim Batubara Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.35127/kbl.v8i1.6648

Abstract

Abstrak: Penelitian ini meneliti tentang bagaimana sistem informasi dan dokumentasi kearsipan berbasis client server di PT. BPRS Amanah Insan Cita Lubuk Pakam. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dijabarkan secara deskriptif. Berbagai sumber diolah dalam penelitian ini seperti buku, hasil penelitian, jurnal dan artikel penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya kearsipan merupakan pekerjaan dalam organisasi atau perusahaan yang sangat penting. Arsip berisi informasi-informasi tertulis mengenai keputusan-keputusan yang harus tersedia apabila sewaktu- waktu dibutuhkan, sehingga dapat ditemukan dengan cepat dan mudah. Sistem informasi dokumentasi kearsipann ini juga sangat dibutuhkan pada Lembaga keuangan seperti perbankan. Salah satunya adalah pada PT. BPRS Amanah Insan Cita Lubuk Pakam yang merupakan salah satu BPRS yang telah lama berdiri di Sumatera Utara. Dengan adanya pengolahan dokumentasi kearsipan yang baik berarti dapat mengatur, menyusun, serta mengumpulkan arsip yang terprogram. Maka berdasarkan alasan tersebut penyimpanan, pengamanan dan pemeliharaan arsip mutlak harus dilaksanakan untuk menjamin kelestarian informasi yang terkandung dalam arsip tersebut sehingga lebih mudah ditemukan kembali jika dibutuhkan. Salah satu basis teknologi yang bisa dikembangakan adalah melalui client server. Penggunaan sistem perancangan berbasis Client Server diharapkan dapat membantu pihak pengelolah arsip untuk dapat mengelolah arsipnya secara efektif dan efisien.   Kata kunci: Arsip, Client Server, Informasi

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Rambe, Suci Wahyu Tami Br, and Abdul Karim Batubara. “Sistem Informasi Dan Dokumentasi Kearsipan Berbasis Client Server Di PT. BPRS Amanah Insan Cita Lubuk Pakam”. KABILAH : Journal of Social Community 8, no. 1 (April 18, 2023): 8–18. Accessed June 15, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/6648.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.