PENGARUH LOKASI, PRODUK, REPUTASI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUMATERA UTARA DALAM MENGGUNAKAN BANK SYARI'AH

Authors

  • Risma Wati Bako Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Lathief Ilhamy Nst Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Ahmadi Bi Rahmani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, produk, reputasi dan pelayanan terhadap keputusan mahasiswa universitas islam negri sumatra utara dalam menggunakan bank syariah. Jenis dari penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif sedangkan Metode analisis datanya menggunakan metode regresi berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis (uji t dan uji F), pengolahan datanya menggunakan SPSS versi 20, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas islam negri sumatra utara prodi perbankan syariah, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik teknik purposive sampling, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, teknik pengumpulan data yang digunakan dengan penyebaran kusioner, diukur dengan menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai siq. 0.015, variabel produk tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai siq. 0.345, variabel reputasi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai siq. 0.522 dan variabel pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai siq. 0.000. Sedangan R Squere dalam penelitian ini sebesar 0.231, hal ini menunjukkan bahwa X1 (lokasi), X2 (produk), X3 (reputasi), X4 (pelayanan) memiliki pengaruh secara simultan terhadap Y (keputusan nasabah).   Kata kunci: lokasi, produk, reputasi, pelayanan, keputusan mahasiswa

Downloads

Published

2023-09-23

How to Cite

Bako, Risma Wati, Muhammad Lathief Ilhamy Nst, and Nur Ahmadi Bi Rahmani. “PENGARUH LOKASI, PRODUK, REPUTASI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUMATERA UTARA DALAM MENGGUNAKAN BANK SYARI’AH”. KABILAH : Journal of Social Community 8, no. 1 (September 23, 2023): 1164–1181. Accessed June 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/7146.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.