MODEL PEMBELAJARAN CIRLC UNTUK PEMBELAJARAN KMQT-TPJ

Authors

  • Miftahol Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiya Al Karimiyyah

Keywords:

KMQT-TPJ, Model Pembelajaran CIRLC

Abstract

Optimalisasi pembentukan insan al-Kamil salah satunya dapat dilakukan dengan cara membentuk kepribadian peserta didik yang islami. Pembentukan tersebut dapat dilakukan dengan cara membiasakan membaca Al-Qur’an, memahami artinya, dan mentadabburi maksudnya mulai sejak dini . Pembiasaan ini tidak cukup dilakukan dengan program ekstrakurikuler maupun tugas mandiri akan tetapi harus dijadikan mata pelajaran muatan lokal sebagai komitmen pembentukan insan al-Kamil melalui pengambangan kurikulum muatan lokal. Mata pelajaran tersebut salah satunya disebut KMQT-TPJ (Khatam Membaca Al-Qur’an dan Terjemahannya-Tiga Puluh Juz). Permasalahannya bagaimana KMQT-TPJ itu dilakukan agar dapat dilaksanakan secara efektif sesuai dengan kalender pendidikan dan sebaran hari efektif belajar pada setiap semester. Guru sebagai pelaksana dan pengembang kurikulum harus mampu menentukan strategi dan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu strategi belajar yang sesuai dengan KMQT-TPJ adalah Model Pembelajaran CIRLC (Cooperative Integrated Reading, Listening and Composition). CIRLC adalah model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) yang dimodifikasi. Menurut Slavin, CIRC adalah sebuah program yang komprehensif untuk mengajar pelajaran membaca, menulis, dan seni berbahasa.

References

Ali ash-Shabuni,Muhammad.,Al Tibyan Fii ‘Ulum Al-Qur’an, Bandung: Pustaka Setia, 1999
Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti Depdiknas, Pembelajaran Inovatif Partisipatif,2007
Departemen Pendidikan Nasional., Model- Model Pembelajaran Yang Efektif, 2006
E.Slavin.Robert., Cooperative Learning, Bandung: Nusa Media, 2013
Idi.Abdullah., Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007
Ma’ruf, Fauzi.,Wawancara tanggal 21 pebruari 2014
Suwigno.Agus., Kurikulum Yang Mencerdaskan, Jakarta: PT.Kompas Media Nusantara, 2008
Shihab.M.Quraish.,Membumikan Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 2001
Stafania.,Makalah Inovasi Pembelajaran,http//www.blogget.com,2008
Sanjaya,Wina.,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, cet.2, Jakarta: Kencana,2007
Trianto., Model-Model Pembelajaran Inovatif, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007

Downloads

Published

2015-11-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.