PERAN DAN TANGGUNG JAWAB GURU DALAM MEMBENTUK ETIKA, MORAL DAN AKHLAK SISWA SEBAGAI BAGIAN DARI ANGGOTA MASYARAKAT
Keywords:
Peran, Tangung jawab, etika, akhlak, moral, anggota masyarakatAbstract
Merebaknya isu-isu moral di kalangan remaja seperti penggunaan narkoba, tawuran pelajar, pornografi, perkosaan, merusak milik orang, merampas, menipu, mencari bocoran soal ujian, perjudian, pelacuran, pembunuhan, dan lain-lain sudah menjadi masalah sosial yang sampai saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Akibat yang ditimbulkan cukup serius dan tidak dapat lagi dianggap sebagai suatu persoalan sederhana, karena sudah menjurus kepada tindak kriminal. Kondisi ini sangat memprihatinkan masyarakat khususnya para orang tua dan para guru (pendidik), sebab pelaku-pelaku beserta korbannya adalah kaum remaja, terutama para pelajar dan mahasiswa. Banyak orang berpandangan bahwa kondisi demikian diduga bermula dari apa yang dihasilkan oleh dunia pendidikan. Pendidikanlah yang sebenarnya paling besar memberi kontribusi terhadap situasi seperti ini. Masalah moral yang terjadi pada siswa tidak hanya menjadi tanggung jawab guru namun juga menjadi tanggung jawab seluruh pendidik.References
Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta : Sinar Grafika Offset
Horton, Paul B. & LH, Chester. 1992. Sosiologi, Jakarta : Erlangga
http://www.docstoc.com/ (diakses tanggal 1 Maret 2014)
Ivonna, Indah dkk. 2003. Pendidikan Budi Pekerti. Yogyakarta : Kanisius.
Saputro, Suprihadi. 1993. Dasar-dasar Metodologi Pengajaran Umum. Malang: Penerbit IKIP Malang
Sukardi, Joko Sri. 2008. Upaya Memperbaiki Kualitas Mengajar Yang Mendidik Guru IPA Dengan Memaksimalkan Terpenuhnya Kompetensi Kepribadian Dan Profesional Guru.
Suseno, Magnis, Franz. 2000. Etika Dasar. Yogyakarta : Kanisius
Syamsuddin, Amir. 2005. “Asas Umum Pemerintahan yang Baikâ€, Jurnal Keadilan, Vol. 2 No. 5 Tahun 2005, Jakarta
Umar, Syahwani. 1998. â€Teori Belajar dan Pembelajaran†Jurnal Edukatif. Pontianak: FKIP UNTAN PONTIANAK
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.
WJS, Poerwadaminta. 1989. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
www.freewebs.com/santyasa/, (diakses tanggal 1 Maret 2014)
Horton, Paul B. & LH, Chester. 1992. Sosiologi, Jakarta : Erlangga
http://www.docstoc.com/ (diakses tanggal 1 Maret 2014)
Ivonna, Indah dkk. 2003. Pendidikan Budi Pekerti. Yogyakarta : Kanisius.
Saputro, Suprihadi. 1993. Dasar-dasar Metodologi Pengajaran Umum. Malang: Penerbit IKIP Malang
Sukardi, Joko Sri. 2008. Upaya Memperbaiki Kualitas Mengajar Yang Mendidik Guru IPA Dengan Memaksimalkan Terpenuhnya Kompetensi Kepribadian Dan Profesional Guru.
Suseno, Magnis, Franz. 2000. Etika Dasar. Yogyakarta : Kanisius
Syamsuddin, Amir. 2005. “Asas Umum Pemerintahan yang Baikâ€, Jurnal Keadilan, Vol. 2 No. 5 Tahun 2005, Jakarta
Umar, Syahwani. 1998. â€Teori Belajar dan Pembelajaran†Jurnal Edukatif. Pontianak: FKIP UNTAN PONTIANAK
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.
WJS, Poerwadaminta. 1989. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
www.freewebs.com/santyasa/, (diakses tanggal 1 Maret 2014)