EVALUASI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Authors
Kusaeri & Rangga Sa'dillah
Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik
Keywords:
Pendekatan Saintifik, PAI, dan Aqidah.
Abstract
Islamic  religion  education  subject  is different from  science  which  is without  putting  revelation  as  foundation  of  intellective.  This  researchaims to outline the problems of scientific approach application on theIslamic religious education subject and designs a scientific approach that is compatible with Islamic religious education subjects. This research isdone  in  curriculum  target  school  of  2013  Surabaya  Sidoarjo  thatcombining  field  research  and  development  research  with  Delphi technique. This research reveals procedure obstacles and principles that are  often  founded  in  conducting  scientific  approach,  also  providesguidance so that the empirical domain simply as support of scientific approach to be compatible for Islamic religious education subjects. Penelitian          ini          bertujuan           menguraikan   problematika   penerapan pendekatan saintifik pada pelajaran PAI dan merancang pendekatan saintifik agar relevan dengan PAI. Penelitian dilakukan pada 10 sekolah sasaran Kurikulum 2013 di Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini mengkombinasi field research dan development research. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kendala penerapan pendekatan saintifik pada kegiatan mengamati. Utamanya pada materi aqidah. Guru sering mengartikan kegiatan mengamati dengan tayangan visual, dan (2) Pada desain RPP yang dikembangkan, langkah mengamati diperluas. Tidak hanya  mengamati objek yang empiris, namun juga mengamati gejala fenomenologis.