Metode Cerita dalam Pendidikan Islam Siswa Kelas III MI Nurul Iman Lenteng

Authors

  • Ach. Puniman
  • R. Firman Nurbudi Prijambodo

Abstract

Pendidikan Islam merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mengarahkan anak dalam menghadapi masa selanjutnya untuk itulah MI Nurul Iman melakukan hal-hal yang terkait dalam pendidikan Islam dengan metode cerita. Kriteria cerita yang baik menurut para guru MI Nuurul Iman adalah cerita yang sesuai dengan ajaran dan mengandung nilai-nilai pendidikan Islam. Untuk mengetahui kualitas sebuah cerita itu baik atau tidak, para guru MI Nuurul Iman mengambil dari jenis-jenis cerita, cerita campuran/kombinasi, cerita sejarah (tarikh), cerita fiksi (khayalan), dan cerita Legenda (fiksi sejarah). Para orang tua dan pendidik haruslah mampu untuk menyeleksi, memfilter buku-buku cerita yang pantas diberikan kepada anak-anaknya. Karena pendidikan anak akan lebih berhasil dan dapat tertanam dalam diri manusia ketika pendidikan dimulai sejak dini. Salah satu dari metode pendidikan Islam adalah metode pelajaran berhikmah dan kisah (cerita). Metode ini telah digunakan sejak diturunkannya wahyu sampai sekarang. Dengan adanya berbagai macam jenis pilihan buku-buku cerita yang ada saat ini diperlukan pula suatu pedoman, petunjuk untuk dapat memilih cerita (buku) yang mengandung nilai-nilai Islam untuk mewujudkan anak shaleh yang didambakan. Dengan metode yang tertulis dalam karya yang sederhana ini penulis berharap agar salah satu metode ini (cerita) selalu mendapat tempat dihati dan pikiran para pendidik mengingat, mengingat salah satu metode yang efektif dalam pendidikan Islam, metode ini juga banyak sekali menfaatnya dalam kaitannya dengan hubungan komunikasi antara pendidik dan yang terdidik. Dari hasil yang telah penulis lakukan, dapat penulis kemukakan bahwasanya dari pentingnya cerita bagi anak-anak, khususnya dalam proses pendidikan Islam, tidak dapat dilakukan begitu saja oleh satu lembaga pendidikan semata. Jadi dalam hal ini penulis menyarankan agar semua pihak yang terkait dalam pendidikan Islam khususnya anak-anak, baik perorangan maupun kelompok turut serta dalam menggunakan metode cerita dalam mendidik anak-anaknya.

Downloads

Published

2017-10-13

Issue

Section

Articles