ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA LINTAS JURUSAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG)

Authors

  • JONI ALIF UTAMA STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP

Keywords:

Persepsi, Pembelajaran Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, Lintas Jurusan

Abstract

Lembaga pendidikan tinggi seperti Universitas memainkan peran yang sangat penting dalam memberikan pembelajaran kewirausahaan, pelatihan, dan bantuan teknis lainnya kepada Mahasiswa. Pengembangan semangat kewirausahaan telah menjadi hal penting di masa depan. Melalui pembelajaran kewirausahaan akan menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat, memberikan motivasi awal kepada Mahasiswa untuk memiliki bisnis. Upaya Perguruan Tinggi sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab menyiapkan lulusan yang mandiri dan mampu bersaing di masyarakat, dikembangkanlah pembelajaran kewirausahaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Bagaimanakah persepsi Mahasiswa lintas jurusan Universitas Negeri Malang terhadap pembelajaran kewirausahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha, (2) Bagaimana bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran kewirausahaan yang diterapkan, (3) Apakah faktor-faktor yang mendorong Mahasiswa mengikuti pembelajaran kewirausahaan, (4) Apakah manfaat yang diperoleh Mahasiswa selama mengikuti pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi kasus. Informan kunci yaitu 5 mahasiswa lintas jurusan yang berada di Universitas Negeri Malang. Dalam mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Triangulasi sumber data dan teori digunakan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan dapat memberikan manfaat yaitu salah satunya memberikan dorongan kepada Mahasiswa untuk melakukan atau menjalankan suatu usaha. Pembelajaran kewirausahaan membantu Mahasiswa dalam memetakan setiap rencana bisnis. Mereka beranggapan bahwa pembelajaran kewirausahaan sebagai langkah awal penting dalam menumbuhkan pemikiran pada Mahasiswa untuk menjalankan usaha khususnya bagi pemula yang belum memiliki banyak pengalaman dengan bentuk-bentuk kegiatan baik teori dan praktek di lapangan. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini merekomendasikan bahwa lembaga pendidikan setingkat Universitas untuk mulai menerapkan pembelajaran kewirausahaan di setiap jurusan yang ada. Karena akan membantu terciptanya wirausaha baru dari kalangan Mahasiswa.

Published

2018-10-10

Issue

Section

Articles