PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI SUMENEP

Authors

  • RATNA NOVITA PUNGGETI UNIVERSITAS WIRARAJA

Keywords:

Kesulitan Belajar Spesifik, Slow Learner, PPI.

Abstract

Kegiatan ini dilaksanakan dengan latar belakang ingin mencegah kesalahan diagnosa dan memperbaiki Program Pembelajaran Individual (PPI) di SDN Babbalan. Kegiatan ini menggunakan pendekatan persuasif pada pihak sekolah dan siswa yang berkesulitan belajar spesifik. kegiatan ini juga dilaksanakan dengan cara Analisis deskriptif selama pelaksanakan kegiatan yakni 8 bulan. Target kegiatan  yang telah dicapai dalam kegiatan yang dilaksanakan adalah : (1) Meningkatnya Pengetahuan tentang Anak berkesulitan belajar spesifik (Dyslexia, Dysgraphia, Dyscalculia) dan Slow Learner bagi Dewan Guru dan Stake Holder di Sekolah Dasar; (2). Mampu Melakukan dan melaksanakan diagnosa dan Rancangan pelaksanaan Program Pembalajaran Individual (PPI); (3). Meningkatnya perhatian dan pengetahuan oleh orang tua siswa atau wali   siswa   tentang   Anak   berkesulitan   belajar   spesifik   (Dyslexia,   Dysgraphia, Dyscalculia) dan Slow Learner di Sekolah Dasar. Bentuk kegiatan ini pada mitra akan dilatih untuk mendiagnosa dan mengindentifikasi Anak  berkesulitan  belajar  spesifik  (Dyslexia,  Dysgraphia,  Dyscalculia)  dan  Slow Learner di SD Bababalan melalui penyelenggaraan  pendidikan  inklusif. Program ini dilakukan selama satu semester dalam kurun waktu 6 bulan. Program ini dilaksanakan bersama-sama  oleh  dewan  guru,  siswa  dan  tim pengusul. Melalui  Program  Pengabdian pada SDN Babbalan, pihak sekolah memahami pembelajaran bagi siswa yang bersekusilatan belajar spesifik.   Kata Kunci: Kesulitan Belajar Spesifik, Slow Learner, PPI.

Published

2019-10-29

Issue

Section

Articles