PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 KERTOSONO

Authors

  • AMINUL WATHON STAI MIFTAHUL ULA NGANJUK

Keywords:

Motivasi Belajar, Klasifikasi, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang muncul pada cara menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar. Dalam penelitian ini banyak didapat perlunya seorang pendidik untuk membuat klasifikasi kemampuan yang pada akhirnya akan memunculkan klasifikasi media pembelajaran yang tepat. Dengan adanya permasalahan tersebut di atas, penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pendidik secara luas, bagaimana cara mengembangkan media pembelajaran yang tepat yang dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Dengan memiliki tujuan awal, pendidik mampu membuat klasifikasi media pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu juga bermanfaat bagi pembelajaran pada umumnya bahwa pendidikan sangat memerlukan klasifikasi sebelum media pembelajaran apa saja yang perlu dirancang, dipublikasikan, dipraktekkan peserta didik untuk melihat seberapa jauh tingkat motivasi belajar terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana menggunakan acuan pada data observasi dan dokumentasi. Dari pembahasan, peneliti melihat perlu adanya klasifikasi media pembelajaran yang dirancang dengan melihat kondisi kebutuhan sumber yang ada, sehingga media pembelajaran yang dibuat akan menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih kondusif

Published

2019-10-29

Issue

Section

Articles