PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MATERI OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SDN PASONGSONGAN IV SUMENEP

Authors

  • VERI IKRA MULYADI STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP

Keywords:

Teams Games Tournment (TGT), Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Operasi Perkalian dan Pembagian

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournment (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa materi operasi perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SDN Pasongsosngan IV Sumenep. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournment (TGT) ini terdiri dari empat tahap/fase, yang meliputi fase (1) penyajian kelas, fase (2) kelompok (team), fase (3) game tournament, dan fase (4) penghargaan kelompok.          Penelitian ini dilakukan 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari siklus I adalah dari 35 siswa yang tuntas 16 siswa (45,7%) sedangkan yang tidak tuntas 19 siswa (54,3%) dengan nilai rata-rata 60,57. Hasil dari siklus II adalah dari 35 siswa yang tuntas 31 siswa (88,57%) sedangkan yang tidak tuntas 4 siswa (11,43%) dengan nilai rata-rata 81,7.             Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournment (TGT) dapat meningkatkan hasil hasil belajar dan aktivitas siswa materi operasi perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SDN Pasongsosngan IV Sumenep

Published

2019-10-29

Issue

Section

Articles