MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • JONI ISKANDAR STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP

Keywords:

Penguasaan, kosakata, flashcard.

Abstract

Penelitian ini berdasarkan masalah pembelajaran yang terjadi di kelas dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris yang dilakukan untuk siswa kelas lima. Banyak siswa kesulitan untuk mengingat atau menguasai kosakata pada waktu pembelajaran bahasa Inggris. Dengan masalah tersebut, peneliti terpanggil untuk mengatasinya dengan tindakan di kelas. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui flashcard. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas lima semester dua Sekolah Dasar di Sumenep dan dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019. Data nilai pembelajaran kosa kata telah dianalisis untuk melihat kemajuan setelah tindakan diberikan dua kali. Hasil menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa-siswi meningkat. Tindakan yang diaplikasikan dengan media flashcard dalam proses belajar mengajar yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa kelas lima di Sekolah Dasar Sumenep. Rata-rata nilai dari siklus pertama hingga kedua meningkat dan telah mencapai target kriteria minimum. Kesimpulan dari penelitian PTK ini menunjukkan bahwa Penggunaan Flashcard dapat meningkatkan penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Ingrris di Sekolah Dasar. Flashcard adalah juga sebagai media pembelajaran yang baik, efektif dan menyenangkan di dalam kelas serta untuk mencapai target dalam penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa inggris.

Published

2019-10-29

Issue

Section

Articles