PENGARUH PERILAKU BULLYING TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • HARIS SUAIDY STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP

Keywords:

Bullying,, perilaku,, siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perilaku bullying yang terjadi di lingkungan sekolah Bullying merupakan perbuatan negatif yang dilakukan perseorangan ataupun kelompok pada orang lain secara terus menerus yang dilakukan bisa saja setiap hari hingga menimbulkan dampak dan korbang bullying merasa tidak berdaya. Perilaku bullying dapat berupa ancaman fisik ataupun verbal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif (Qualitatif Research). Subjeknya adalah siswa kelas enam Sekolah Dasa di Sumenep dan dilaksanakan pada tahun 2019/2020. Penyebab dari bullying adalah melalui sekolah, keluarga,, lingkungan pergaulan dan media atau tayangan. Perilaku bullying  biasa terjadi pada saat waktu istirahat. Jenis bullying yang sering terjadi yaitu pengucilan. Selai itu mengancam, memarahi, mengejek, memerintah, membentak, memaksa, mendorong mdan memukul menggunakan tangan. Peran guru dalam menghadapi bullying dengan cara memberikan bimbingan kepada para siswa yang memerlukan bantuan, temasuk siswa yang terlibat dalam bullying.

Published

2020-04-28

Issue

Section

Articles