EFEKTIVITAS MENGGUNAKAN TEKNIK KWL DALAM MENGAJAR READING COMPREHENSION

Authors

  • JONI ISKANDAR STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP

Keywords:

KWL, Reading Comprehension

Abstract

Guru bahasa Inggris harus menciptakan teknik yang lebih baik dalam mengajar membaca. Berdasarkan beberapa penelitian / studi, KWL adalah salah satu teknik membaca yang dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa teknik KWL adalah alat yang efektif untuk membantu siswa menjadi pemikir yang lebih aktif dan juga berguna untuk membantu guru menjadi lebih aktif dalam mengajar pemahaman membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah mahasiswa diajarkan oleh Teknik KWL memiliki prestasi membaca yang lebih baik dari pada yang diajarkan dengan teknik jeda instruksional di STAIM. Hanya ada 52 mahasiswa sebagai sampel di dua kelas, yaitu di prodi PGMI sebagai kelompok eksperimen dan Prodi Ekonomi Syariah sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data termasuk instrumen yaitu tes kemampuan membaca baik pre-test maupun post-test. Tes pemahaman membaca terdiri dari pertanyaan literal dan inferensial. Bentuk tes adalah pilihan ganda dalam 25 item. Hasil tes baik pre-test dan post-test telah didapatkan. Setelah mengumpulkan data dari subjek, data dianalisis oleh peneliti dengan ANCOVA dan menggunakan program SPSS v 16. Berdasarkan hasil data yang telah didapatkan dan dianalisis, Peneliti menyimpulkan bahwa pengajaran reading comprehension dengan menggunakan teknik KWL lebih efektif daripada teknik jeda instruksional.

Published

2020-04-28

Issue

Section

Articles