PENERAPAN METODE NATURE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENGIDENTIFIKASI AKAR DAN FUNGSINYA KELAS IV SDN KEBUNDADAP TIMUR II KABUPATEN SUMENEP

Authors

  • MOH. FADLI STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP

Keywords:

Metode nature learning, hasil belajar, akar dan fungsinya

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode nature learning untuk meningkatkan hasil belajar materi akar dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Kebundadap Timur II Kabupaten Sumenep. Penerapan metode nature learning ini terdiri dari beberapa langkah yaitu: (1) guru mengajak siswa ke lokasi di luar kelas; (2) guru mengajak siswa untuk berkumpul menurut kelompoknya; (3) guru memberi salam; (4) guru memberi motivasi; (5) guru memberikan paduan belajar kepada masing-masing kelompok; (6) guru memberikan penjelasan cara kerja kelompok; (7) masing-masing kelompok berpencar pada lokasi untuk melakukan pengamatan dan diberi waktu; (8) guru membimbing siswa selama pengamatan di lapangan; (9) selesai pengamatan siswa di suruh berkumpul kembali untuk mendiskusikan hasil pengamatannya; (10) guru memandu diskusi dan siswa diberi kesempatan mempresentasikan hasil diskusinya masing-masing kelompok dan kelompok lain diberi waktu untuk menanggapi.          Penelitian ini dilakukan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Display (Penyajian Data). Hasil dari siklus I nilai rata-rata sebesar 63 dan Persentase siswa tuntas 46,6%, persentase siswa tidak tuntas 53,3% ,dan pada siklus II perolehan rata-rata kelas dari siklus I sebesar 68 dan Persentase siswa tuntas 86,6% , Persentase siswa tidak tuntas 13,3%.             Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan metode nature learning untuk meningkatkan hasil belajar materi akar dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Kebundadap Timur II Kabupaten Sumenep.

Published

2020-04-28

Issue

Section

Articles