PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM BENTUK KUNJUNGAN KELAS TERHADAP GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH IBTIDA’IYAH KABUPATEN SUMENEP

Authors

  • JONI ISKANDAR & KUYYIMATUL KOMARIYAH STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP

Keywords:

Supervisi dan kunjungan kelas

Abstract

Dalam upaya membantu guru inilah supervisi pendidikan sangat diperlukan. Ini penting mengingat supervisi sangat besar peranannya dalam meningkatkan mutu guru, yang hal ini berarti juga meningkatkan mutu pendidikan pada suatu sekolah. Salah satu fungsi kepala sekolah adalah sebagai supervisor. Kepala sekolah selaku supervisor dituntut untuk memberi dorongan, bimbingan dan menciptakan kesempatan yang seluas-luasnya bagi tumbuh dan berkembangnya kemampuan dan keterampilan guru. Hal ini mutlak diperlukan agar setiap guru mampu bekerja lebih baik lagi, tumbuh dan berkembang menjadi guru yang bertanggung jawab. Salah satu bentuk supervisi pendidikan yang sering dilakukan oleh kepala sekolah adalah kunjungan kelas.Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh supervisi Kepala Sekolah dalam bentuk kunjungan kelas terhadap tanggung jawab guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Al-In’am Banjar Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi, Penelitian ini menggunakan teknik stratified proporsional random sampling sejumlah 20 orang dari populasi yang ada, yang terdiri dari guru kelas I-VI dan guru mata pelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Al-In’am Banjar Timur Gapura Sumenep. Sedangkan, teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket Dari hasil paparan data yang diperoleh dan telah dilakukan perhitungan dengan rumus, dapat diperoleh hasil r kerja sebesar : 0,215470. Sedangkan di dalam tabel koefisien korelasi Product Moment untuk nilai N = 20 taraf signifikansi 5% sebesar 0,220, sedangkan untuk 1% sebesar : 0,286. Maka ada pengaruh supervisi kepala sekolah dalam bentuk kunjungan kelas terhadap tanggung jawab guru dalam proses belajar mengajar di MI Al-In’am Banjar Timur Gapura Kec. Gapura Kab. Sumenep, tahun pelajaran 2019 – 2020. Dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus statistik Product Moment angka simpangan maka r kerja berada pada interval antara 0.200 sampai dengan 0.400, dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat pengaruh supervisi pengajaran dalam bentuk kunjungan kelas terhadap tanggung jawab guru dalam proses belajar mengajar di MI Al-In’am Banjar Timur Gapura Kec. Gapura Kab. Sumenep, tahun pelajaran 2019/2020 dalam taraf rendah. Kata Kunci : Supervisi dan kunjungan kelas

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles