PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LENGGUNG BARAT I KABUPATEN SUMENEP

Authors

  • MOH. FADLI & FITRIYAH FEBRIYANTI STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP

Keywords:

Media pembelajaran IPA berbasis articulate storyline 3 dan Minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan media pembelajaran IPA berbasis articulate storyline 3 terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN Lenggung Barat I Kabupaten Sumenep. Articulate storyline 3 menawarkan beberapa template yang cukup menarik sehingga dapat mempersingkat waktu dalam pembuatannya. Articulate Storyline 3 mempunyai kelebihan yang mampu menciptakan presentasi menarik serta interaksi yang lebih menyeluruh, variatif dan kreatif. Beberapa apa tools yang bisa digunakan pada ada software ini seperti movie, timeline, picture, karakter-karakter agar peserta didik lebih berinteraktsi dengan media. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Display (Penyajian Data). Hasil dari siklus I nilai rata-rata sebesar 64 dan Persentase siswa tuntas 48,6%, persentase siswa tidak tuntas 51,4% ,dan pada siklus II perolehan rata-rata kelas dari siklus I sebesar 69 dan Persentase siswa tuntas 89,6% , Persentase siswa tidak tuntas 10,4%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa media pembelajaran IPA berbasis articulate storyline 3 terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN Lenggung Barat I Kabupaten Sumenep mengalami peningkatan terhadap minat belajar siswa.

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles