ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Farmasi yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016 sampai 2020)

Authors

  • NURUL HUDA STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP

Keywords:

Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Return On Assets (ROA), Petumbuhan Penjualan, Operating Leverage dan Struktur Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Return On Assets (ROA), Petumbuhan Penjualan,  dan Operating Leverage secara simultan  dan pasrsial terhadap Struktur Keuangan Perusahaan serta melihat sejauh mana keenam variabel tersebut berpengaruh secara dominan terhadap struktur keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini perusahan Farmasi yang go public di BEI (Bursa Efek Indonesia) berjumlah 8 (delapan) perusahaan. Pemilihan perusahaan Farmasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan telah mempublikasikan laporan keuangan pada Bursa Efek di Indonesia secara terus menerus selama tahun 2016 sampai dengan tahun 2020           Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Return On Assets (ROA), Petumbuhan Penjualan,  dan Operating Leverage secara simultan  berpengaruh dan signifikan terhadap struktur keuangan perusahaan.             Hasil uji secara parsial variabel Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Return On Assets (ROA), Petumbuhan Penjualan,  dan Operating Leverage berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap struktur keuangan perusahaan.             Return On Assets adalah variabel dominan yang berpengaruh terhadap struktur keuangan perusahaan.

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles