UPAYA KONSELOR DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN BELAJAR SISWA DI MTS AL-AMIEN 1 PRENDUAN (Kajian Kualitatif Deskriptif pada Sekolah yang Menerapkan Full Day School)

Authors

  • RINDIANI & SYAIFATUL JANNAH INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN (IDIA)

Keywords:

Upaya konselor, ketahanan belajar, full day school

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui upaya konselor dalam meningkatkan ketahanan belajar siswa di  MTs Al-Amien 1 Prenduan yang menerapkan full day school, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh  konselor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, dan wawancara,  kemudian dilanjutkan dengan teknik analisa data melalui tiga tahapan yaitu reduksi, display, dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik Triangulasi. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 upaya konselor dalam meningkatkan ketahanan belajar siswa di MTs Al-Amien 1 Prenduan, yakni melalui 1) konseling Individual, 2) konseling kelompok, 3) bimbingan sambil belajar. Selanjutnya hasil penelitian juga menunjukkan bahwa memiliki ketahanan belajar dalam program full day school bagi siswa itu sangat penting karena dengan ketahanan belajar, siswa akan lebih siap untuk menerima pelajaran di sekolah sesuai apa yang dilakukan dari upaya konselor dalam meningkatkan ketahanan belajar dengan sentuhan motivasi yakni bimbingan sambil belajar oleh ibu Aminatus Sa’diyah seorang guru BK di MTs Al-Amien 1 Prenduan

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles