PELUANG, TANTANGAN DAN DAMPAK DIGITAL MARKETING DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • NURUL HUDA STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Abstract

Digital marketing dalam pemasaran modern semakin populer di Era society 5.0 saat ini dimana menjadi suatu keharuasan bagi setiap perusahaan untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan totalitas service atau memberikan pelayanan yang terbaik untuk menjadi yang terdepan dalam menghadapi persaingan bisnis global. Lahirnya teknologi digital yang serba canggih yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu telah banyak memberi kemudahan dan kepraktisan dalam berbagi aspek kehidupan dari mulai produksi hingga produk itu sampai ketangan konsumen apalagi perusahaan saat ini mau tidak mau harus mampu berinovasi baik dalam pelayanan atau service, menciptakan produk yang terbaik, harga yang menarik, tapi juga dituntut untuk mampu berkompetesi dengan perusahaan yang lain baik lokal, nasional, multi nasional, regional maupun internasional. Banyak aspek kehidupan dipengaruhi oleh teknologi berbasis digital, tidak hanya bidang marketing saja bahkan hampir semua lini kehidupan menggunakan teknologi berbasis digital. Dan ini merupakan kenyataan yang harus dihadapi oleh generasi milenial di Era Ssociety 5.0 karena akan menjadi peluang besar bagi generasi muda dan milenial untuk senantiasa mengembangkan kemampuannya baik hard skill maupun soft skill, menggali potensi dirinya dan kemampuannya di bidang teknologi yang berbasis digital. Era Society 5.0 telah lahir dengan berbagai platform digital yang telah memberikan ruang yang begitu luas dan mampu memberikan dan menciptakan peluang bisnis yang sangat besar yang menjanjikan dalam bidang teknologi digital, dimana  dalam hal ini akan menguntungkan baik organisasi (perusahaan) maupun generasi milenial di masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan pendekatan library research melalui penelusuran dari beberapa sumber yang kredibel berupa buku-buku yang dianggap masih relevan dengan tema, beberapa jurnal ilmiah, berita baik media cetak, elektronik, internet atau pun karya tulis lain untuk melakukan pengkajian secara detail dan mendalam. Hasil riset menunjukkan bahwa Digital Marketing Era Society 5.0 sendiri menjadi sebuah “solusi†dari Revolusi Industri 4.0, dimana masyarakat global beranggapan bahwa Industri 4.0 akan menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi yang serba canggih dimana pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga terampil manusia akan mengalami pengurangan yang signifikan karena akan digantikan oleh mesin yang serba canggih. Sedangkan Era  Society 5.0 ini diharapkan dapat menciptakan nilai baru melalui perkembangan high technology untuk mengurangi adanya kesenjangan sosial antara manusia dengan masalah ekonominya.

Published

2021-10-10

Issue

Section

Articles