PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING SISWA KELAS IV SDN TALANG III KECAMATAN SARONGGI KABUPATEN SUMENEP

Authors

  • MOH. FADLI & LAILATUL WAHIDAH STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Quantum Teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model Quantum Teaching pada siswa kelas IV SDN Talang III Kecamatan Saronggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Talang III yang beralamat di Jl. Sumber Agung 25, Talang, Saronggi, Kabupaten Sumenep. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa dan objek penelitiannya yaitu peningkatan hasil belajar IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu tes soal pilihan ganda, essay, uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Talang III Kecamatan Saronggi dengan cara langkah TANDUR divariasi; langkah tumbuhkan dengan bernyanyi bersama, langkah alami dengan memberikan pengalaman langsung, langkah namai dengan pemberian tugas, langkah demonstrasi dengan mempresentasikan, langkah ulangi dengan tanya jawab, dan langkah rayakan dengan pemberian pujian dan hadiah. Peningkatan tersebut ditunjukkan melalui hasil tes pada siklus I yaitu 5 siswa yang mendapatkan nilai ≥75 meningkat menjadi 14 atau seluruh siswa mendapatkan nilai ≥75 di siklus II

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles