IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN BERBASIS MODUL DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MAMBAUL ULUM GAPURA SUMENEP

Authors

  • KUNTI IMANIYAH INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM

Keywords:

Implementasi, Tahfidz Al-Qur’an, Basis, Modul

Abstract

Penelitian ini adalah hasil penelitian lapangan (Field Research) untuk menjawab pertanyaan pertama: Bagaimana proses pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Gapura Sumenep?. dan kedua: Bagaimana implementasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an berbasis modul di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Gapura Sumenep?.             Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif (penelitian lapangan) yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan penelitian ditempat terjadinya gejala yang diteliti. Dalam hal ini, penulis mengumpulkan data mengenai persoalan yang berkaitan dengan Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Modul Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Gapura Sumenep. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat eksploratif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena.             Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa Dalam perencanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Gapura Sumenep, berpedoman pada modul maqra’ yang dibuat oleh TIM Penyelenggara Tahfidz Al-Qur’an yang terdiri dari, Kepala Madrasah, Staf, guru pembimbing, dan para pihak yang berkompeten. Pelaksanaan   Pembelajaran   Tahfidz Al-Qur’an   di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Gapura Sumenep, sangat dipacu oleh kebijakan-kebijakan pimpinan Madrasah dan didukung oleh tim yang solid baik dari pembantu-pembantu Kepala Madrasah, tenaga administrasi dan guru-guru pembimbing. Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dilakukan dengan metode Wahdah dan Sima’i. Dalam pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, sebaiknya guru-guru pembimbing mengenalkan beberapa macam metode menghafal untuk dapat dilaksanakan siswa, sehingga cara menghafal bervariasi, dan menghindari rasa bosan dan siswa dapat memilih metode mana yang lebih efektif dan sesuai bagi dirinya. Untuk meningkatkan mutu hafalan siswa, sebaiknya pimpinan Madrasah melakukan seleksi tentang kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap guru-guru yang akan diangkat sebagai guru pembimbing Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an.

Published

2022-10-28

Issue

Section

Articles