PEMBERIAN REWARD (STIKER BINTANG ONLINE) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MI PADA MASA PANDEMI COVID - 19

Authors

  • AVIYA SHOFIYANA SULHA & DEDI EKO RIYADI HS STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Keywords:

Motivasi Belajar, Reward, Stiker bintang online

Abstract

Peralihan kegiatan pembelajaraan pada masa pandemi COVID-19 dari tatap muka menjadi pembelajaran yang dilaksanakan dalam jaringan untuk mengurangi penyebaran virus, tentunya banyak hambatan yang kita jumpai salah satunya yaitu kurang meratanya fasilitas yang dimiliki siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring sehingga berdampak pada menurunnya motivasi belajar siswa, salah satunya yaitu kurang semangatnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran secara daring. Untuk membangun motivasi belajar siswa agar lebih meningkat utamanya pada masa pandemic COVID-19 yang mana kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan) maka seorang guru dapat melakukannya dengan cara yang menyenangkan untuk anak. Salah satu cara yang dapat guru gunakan dalam memfasilitasi meningkatnya motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring yaitu dengan pemberian reward berupa stiker bintang online. Stiker bintang online penulis pilih berdasarkan asumsi bahwa anak usia MI menyukai hadiah yang menarik dan jarang digunakan oleh guru pada masa pandemiCOVID-19 yaitu berupa stiker bintang online. Pemberian reward stiker bintang online dapat memberikan pengaruh yang besar untuk siswa dalam meningkatkan motivasi belajarnya. Sticker bintang online dapat membangun komunikasi yang baik antar guru dengan siswa. Disamping itu, sticker bintang online sebagai catatan bagi guru dalam menilai sejauh mana kemajuan belajar anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yang digunakan untuk mencari suatu kebenaran dari data atau masalah yang ditemukan salah satunya yaitu dengan menemukan suatu tekhnikbaru dalam pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk memecahkan dan menjawab permasalahan yang ada.

Published

2023-10-08

Issue

Section

Articles