TERAPI MODIFIKASI PERILAKU TOKEN EKONOMI DAN PSIKOEDUKASI SEBAGAI METODE MENGATASI PERILAKU NON COMPLIANT PADA SISWA SLOW LEARNER

Authors

  • HIELMA HASANAH STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Keywords:

Perilaku non compliant, Slow learner

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi modifikasi perilaku token ekonomi dan psikoedukasi sebagai media untuk mengatasi perilaku non compliant pada siswa slow learner. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X dengan kondisi slow learner disertai perilaku non compliant yaitu perilaku tidak patuh aturan yang ditunjukkan dengan kegagalan secara konsisten mengikuti instruksi. Seperti, tidak mengerjakan tugas, tidak menulis, keluar kelas, dan lain sebagainya. Kondisi slow learner dan perilaku bermasalah non compliant semakin diperkuat karena respon lingkungan sekitar yang cenderung abai, kurang memberikan tanggung jawab dan kepercaaan kepada subjek. Desain penelitian yang digunakan adalah single case experiment design. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan serangkaian asesmen yaitu test intelegensi WISC, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil asesmen disimpulkan bahwa subjek mengalami masalah perkembangan intelektual slow learner disertai perilaku bermasalah non compliant. Teori pada penelitian ini mengacu kepada teori slow learner oleh Reddy, dkk (2006) dan Shaw (2010) serta teori perilaku non compliant oleh Overton dan Sullivan (2008). Adapun hasil dari perlakuan yang diberikan, menunjukkan bahwa setelah pemberian terapi token ekonomi perilaku non compliant subjek menurun secara konsisten. Disamping itu juga diketahui dari hasil evaluasi observasi dan wawancara setelah pelaksanaan psikoedukasi, guru dan figur lekat subjek merasa lebih tahu bagaimana menyikapi dan memberikan stimulus yang tepat untuk mengatasi perilaku non compliant subjek. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode modifikasi perilaku token ekonomi dan psikoedukasi mampu mengatasi perilaku non compliant pada siswa slow learner. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan agar metode modifikasi perilaku token ekonomi dan psikoedukasi dapat menjadi media mengatasi perilaku non compliant pada siswa slow learner.

Downloads

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles