EKSTRAKURIKULER SENI BARONGSAI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DI SDN KARANGTURI LASEM

Authors

  • MOH. FADLI & RAMITA VINDA YANIAR STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Keywords:

Ekstrakurikuler Sekolah, Kearifan Lokal, Seni Barongsai.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Mengapa Seni Barongsai menjadi ektrakurikuler di SDN Karangturi dan Bagaimana Cara Sekolah mengembangkan Seni Barongsai tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan subjek kepala sekolah, guru, pelatih dan siswa atau dengan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa seni barongsai menjadi ekstrakurikuler SDN Karangturi karena lingkungan sekolah yang dikelilingi oleh masyarakat dari etnis tionghoa dan memperkenalkan seni barongsai kepada siswa agar siswa menjaga kelestarian budaya kearifan lokal yang ada di daerahnya serta untuk menarik peserta didik baru. Sedangkang SDN Karangturi mengembangkan seni barongsai melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: membentuk tim kerja dari guru dan pelatih, menyediakan fasilitas penunjang ekstra barongsai, melakukan kerja sama dengan masyarakat sekitar dan pihak yang mendukung ekstrakurikuler barongsai dan menyusun strategi atau jadwal pelaksanaan ekstra maupun pertunjukkan yang akan dilaksanakan

Downloads

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles