ANALISIS STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA

Authors

  • NURUL HUDA STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Keywords:

Strategi Bisnis, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Manajemen Laba

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh strategi bisnis, ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur khusus di sektor barang konsumsi yang sudah terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) tahun 2020-2023. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan SPSS (Statistical Program for Social Science) Versi 24. Penelitian ini juga menggunakan metode purposive sampling untuk penentuan sampel, dan diperoleh 48 sampel penelitian dengan total pengamatan dari perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Dari hasil analisis dan pembahasan bahwa variabel X1 (Strategi Bisnis) berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap Manajemen Laba. Begitu juga Variabel X2 (Ukuran Perusahaan) juga berpengaruh positif tapi dari hasil analisis data tidak signifikan terhadap Manajemen Laba. Sedangkan Variabel X3 (Leverage) dan Variabel X4 (Profitabilitas) sama-sama berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Manajemen Laba.

Downloads

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles