PENGARUH STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KULINER ISLAMI TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA UMKM DI KECAMATAN DASUK SUMENEP)

Authors

  • MOH. MUSFIQ ARIFQI & IMAM WAHYUDI STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Keywords:

Kuliner Islami, Stategi 4 P, Pendapatan Masyarakat

Abstract

Strategi pengembangan bisnis marketing mix merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh para pelaku usaha untuk menjaga stabilitas dan perkembangan bisnisnya. Usaha kuliner juga menjadi salah satu bisnis yang sangat berpotensi di masyarakat, lebih-lebih mampu mengangkat pendapatan masyarakat. Hal ini sebagai mana tejadi pada pelaku bisnis kuliner yang ada di kecamatan Dasuk Sumenep. Peneliti tertarik untuk melihat potensi bisnis tersebut berdasarkan nilai-nilai keislaman melalui pendekatan 4 P dalam marketing mix. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan diantaranya yaitu variable promosi, produk, harga, tempat sebagai variabel independent. Sedangkan variabel dependentnya yaitu pendapatan masyarakat. Data diperoleh dari kuesioner, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari pelaku bisnis kuliner se Kecamata Dasuk Sumenep. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga sangat berpengaruh terhadap peningkatan pelaku bisnis kuliner di Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep. Sedangakan strategi lainnya seperti produk, tempat dan promosi tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap pendapatan masyarakat.

Downloads

Published

2024-04-22

Issue

Section

Articles