PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK TIGA FASE DALA PEMAHAMAN MEMBACA TEKS NARASI BAHASA INGGRIS DI SMP SUMENEP

Authors

  • JONI ISKANDAR STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP

Keywords:

Teknik Tiga Fase, Pemahaman Bacaan

Abstract

Hasil pengajaran membaca di sekolah jauh dari memuaskan. Kenyataannya pengajaran membaca pemahaman selalu monoton dan sulit. Keberhasilan dalam pengajaran pemahaman membaca ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan teknik pengajaran membaca yaitu: teknik diskusi, teknik penerjemahan dan teknik tiga fase. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan teknik dalam mengajar membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah penggunaan teknik Tiga Fase efektif atau tidak dalam pengajaran pemahaman membaca bagi siswa kelas delapan di SMP N Sumenep pada tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes membaca. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pre-test dan post-test. Sebelum melakukan post-test pada kelompok eksperimen, peneliti memberikan perlakuan dan pada kelompok kontrol tanpa perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperimen adalah 70,32 dan 80,00. Nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok kontrol adalah 67,48 dan 74,71. Hasil nilai t hitung sebesar 2,351, berdasarkan taraf signifikansi 0,05 nilai t tabel sebesar 2,000, hasil perhitungan menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,341 > 2,000. Oleh karena itu, peneliti dapat menyimpulkan bahwa teknik Tiga Fase efektif untuk mengajarkan pemahaman membaca

Downloads

Published

2024-10-20

Issue

Section

Articles