PENERAPAN MEDIA ESTAFET KARTU MATERI GOTONG ROYONG PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENGEMBANGKAN PSIKOMOTORIK PADA ANAK KELAS V SDN DARAMISTA II

Authors

  • LUKMAN NURHAKIM, FIRDA AMELIA PUTRI & SUKRIA HIDAYANTI STKIP PGRI SUMENEP

Keywords:

Media estafet kartu, Perkembangan Psikomotorik, Gotong Royong

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penyertaan media terhadap hasil pembelajaran pendidikan Pancasila dan program Merdeka. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif saling berkaitan. Menu Data menggunakan layanan ringkasan, periksa dan daftar suara iklan. Pada kartu Chanay dan perangkat yang didistribusikan kepada 25 siswa, ini adalah tinjauan data V SDN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan card relay support berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan psikologi anak sekolah dasar. Hal ini menunjukkan bahwa media mempunyai dampak sebesar 50% terhadap pendidikan, termasuk pendidikan masyarakat. Dengan kata lain semakin tinggi media yang diberikan kepada siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar PPKn. Sebaliknya, semakin bermanfaat media bagi siswa, maka semakin rendah pula hasil belajar PKn yang dicapai siswa. Penelitian ini menyarankan agar guru hendaknya merancang bahan pembelajaran secara efektif untuk membantu siswa mencapai hasil belajar. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengetahui faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi media pendidikan dan hasil belajar siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik.

Downloads

Published

2024-10-20

Issue

Section

Articles