UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS II SDN PEDAGANGAN 02 KECAMATAN DUKUHWARU

Authors

  • MOH. FADLI, SIFUL ARIFIN & AYU KOMALASARI STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP, INSTITUT KARIMAN WIRAYUDHA SUMENEP & UNIVERSITAS TERBUKA

Keywords:

Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Metode Demonstrasi

Abstract

Karena pelajaran yang terkandung dalam kurikulum tidak hanya berupa mata pelajaran tetapi juga pengenalan terhadap setiap topik bahasan, maka pembelajaran Bahasa Indonesia memegang peranan penting mulai dari jenjang yang paling rendah yaitu Sekolah Dasar (SD), dan berlanjut hingga Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Pertama, dan seterusnya. pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini karena pelajaran dalam kurikulum tidak hanya mata pelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa pengajaran Bahasa Indonesia sangat berperan dalam proses pendidikan yang berlangsung di Sekolah Dasar. Selain itu, ia memainkan peran penting dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pendidikan. Investigasi ini memanfaatkan strategi pembelajaran yang dikenal sebagai pembelajaran empiris. Siswa-siswa yang mengikuti penelitian ini masuk kelas II di SDN Pedagang 02 Dukuh Waru. Pada masing-masing siklus, khususnya Prasiklus (68,18%), Siklus I (77,27%), dan Siklus II (86,36%), pengaruh pembelajaran eksponensial berbeda satu sama lain

Downloads

Published

2024-10-20

Issue

Section

Articles