MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI BENDA KONKRET SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PENARUBAN

Authors

  • MOH. FADLI & AYU WIDI ARDIYANI STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP & UNIVERSITAS TERBUKA

Keywords:

Hasil Belajar, Media Konkret, Pembelajaran IPA.

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi pendayagunaan media konkret dalam menelaah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Jenis Sumber Daya Alam di kelas V terhadap hasil belajar peserta didik. Riset ini diterapkan dengan dua siklus serta menggunakan pendekatan tindakan kelas. Sampel riset ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Penaruban yang terdiri dari 13 perempuan dan 12 laki-laki. Perbandingan antara siklus pertama dan siklus kedua menunjukkan peningkatan signifikan selama pencapaian belajar siswa setelah implementasi media benda konkret. Pada siklus pertama, skor rata-rata perolehan pembelajaran peserta didik mencapai 68,84, yang menunjukkan bahwa peserta didik belum meraih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah melakukan refleksi pada siklus pertama, perbaikan dilakukan pada siklus kedua dengan mengimplementasikan media benda konkret dalam pembelajaran. Pada siklus kedua, adanya kenaikan signifikan dalam perolehan pembelajaran peserta didik, dengan skor rata-rata mencapai 88,24. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media konkret dalam pembelajaran IPA memiliki dampak konstruktif terhadap perolehan pembelajaran peserta didik. Peningkatan signifikan terjadi pada siklus kedua setelah implementasi media benda konkret. Oleh sebab itu, diusulkan supaya media konkret terus digunakan selama penelaahan IPA guna memajukan persepsi teori dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran

Downloads

Published

2025-04-10

Issue

Section

Articles