PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING KELAS VI SD NEGERI PAJANANGGER III KECAMATAN ARJASA

Authors

  • REDY ISMANTO SD NEGERI KOLOR II

Keywords:

Hasil Belajar, IPAS, Metode Problem Solving

Abstract

Pada kenyataannya pembelajaran IPAS pada kelas VI khususnya di SD Negeri Pajanangger III tidaklah mudah karena standar kompetensi dan kompetensi dasarnya banyak mencakup akan materi, disamping itu cakupannya luas dan perlu dipelajari. Tujuan dalam penelitian ini adalah “Peningkatan kemampuan memahami sumber daya alam melalui penerapan metode Problem Solving. Metode Problem Solving memiliki langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari orientasi siswa kepada masalah, mengorganisasi siwa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan penjabaran deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dari kedua siklus berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest 49,87 dan ketuntasan klasikal 25%. Rata-rata siklus I 64,81. Ketuntasan klasikal 50%, aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup dan persentase keterampilan guru sebesar 68% dalam kategori cukup. Pada siklus II rata-rata kelas 71,12. Ketuntasan klasikal 81,25%, aktivitas belajar siswa dalam kategori baik dan persentase keterampilan guru sebesar 80% dalam kategori baik

Downloads

Published

2025-04-10

Issue

Section

Articles